Counter

Followers

Minggu, 01 Juni 2014

GEOGRAFI

PENGERTIAN GEOGRAFI
        Menurut Eratoshenes, kata geografi berasal dari bahasa yunani yaitu geographika. Kata geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan, lukisan, atau pencitraan. Dengan demikian geografi merupakan ilmu  pengetahuan yang menuliskan, melukiskan, dan mencitrakan tentang bumi beserta kehidupan yang ada di atas nya. secara etimologis, geografi adalah ilmu  yang mempelajari dan menggambarkan keadaan bumi dan segala yang  ada di atas nya, seperti, penduduk, fauna, flora, iklim, udara, dan segala intraksi nya (wardiyatmoko dan bintaro, 1999). Seiring dengan perkembangan zaman, penertin geografi mengalami  perubahan sesuai dengan kemajuan pendapatan manusia dalam memandang bumi
Perkembangan perumusan pengertian geografi pada kenyataan nya menyangkut isi dan makna nya. Dibawah ini beberapa pendapat pakar tentang pengertian geografi ,yaitu;
1.        Menurut Hartshome (1959)
Geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang berarti beraturan ,dan rasional tentang sifat variable dari permukaan bumi .
2.      Menurut Alexander (1963)
Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktavitas manusia .
3.      Menurut Yeates (1963)
Geografi adalah suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.
4.      Menurut R.Bintarto (1977)
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan ,menerankan sifat2 bumi .menganalisa gejala2 alam dan penduduk.serta mempelajari corak yang khas mengenai kkehidupan dan berusaha mencari fungsi dan unsur2  bumi dalam ruang dan waktu .
5.      Menurut M.Daliuni
Geografi merupakan ilmu pengetahuaan yang mengajarkan kegiatan manusia didalam suatu ruang .
6.      Lokakarya geografi di semarang 1988
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena grosfer dengan sudut pandang ke lingkungan /kewilayahan dalam konteks keruangan .
7.      Menurut GBHN 1994
Geografi adalah pengetahuaan mengenai mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala grosfer) serta intraksi antara manusia dan lingkungan nya dalam konteks keruangan dan kewilayahan (sunardi sutrijat,1999) .
Ruang lingkup geografi
Dalam siklus kehidupan manusia, pemenuhan kebutuhan-kebutuhannya hidup nya tidak secara otomotis dapat di penuhi pada suatu daerah dimana ia dapat di penuhi pada suatu daerah dimana ia berada, akan tetapi manusia harus melakukan usaha ke tempat lain untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Dengan demikian pengetahuan manusia tentang wilayah itu. pengalaman dan pengetahuan ini akan membawa dalam memandang gejala alam (struktur, pola, fungsi, dan proses) dan prilaku serta aktifitas budi daya manusia di permukaan bumi. Hal ini terjadi karena proses kajian nya akan selalu mengkaitkan dengan lokasi nya ,integrasi nya, persebaran nya, perkembangan nya. Intraksi nya dan interelasinya dalam lingkup analisis keruangan, kewilayahan ekologis, sistem dan sejarah perkembangan nya .dalam lingkup wilayah penelitian, kajian ini di pandang sebagai suatu keseluruhan (holistic) dan sebagai bagian dari keseluruhan wilayah penelitian secara lebih mendalam sehingga dapat di peroleh gambaran tentang persamaan dan perbedaan daerah yang satu dengan daerah yang lain.
`Kajian geografi beedasarkan ilustrasi di ats mempunyai ruang lingkup yang luas sehingga disiplin ilmu lain nya banyak yang berkaitan dengan geografi .keterkaitan geografi dengab disiplin ilmu lain ini dapat dibedakan menurut aspek fisik dan aspek social .selanjut nya pembahasan yang berkaitan dengan ilmu asfek fisik disebut dengan geografi fisik dan pembahasan yang berkaitan dengan asfek social.
Objek geografi fisik merupakan kajian yang secara khusus membahas tentang unsur-unsur alam mengenai bumi yang menyangkut tanah , udara,air,relief,iklim,dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati .disiplin ilmu yang berkaitan dengan objek gepgrafi fisik ini adalah;biologi,kimia ,astronomi ,dan sebagai nya .objek geografi social merupakan kajian yang secara khusus membahas tentang kehidupan manusia ,seperti jumlah penduduk ,penyebaran penduduk ,kepadatan penduduk ,kegiatan ekonomi ,dan segala aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia .disiplin ilmu yang berkaitan denan objek geografi social ini adalah ;antropologi,sejarah ,politik ,ekonomi dan sebagai nya .sebagai contoh nya hubungan geografi dengan antropologi yang telah melahirkan ilmu baru ,yakni antrogeografi  (priyadi ,2007)
Menurut priyadi (2007),ruang lingkup kajian geografi meliputi;
1.      Persebaran dan keterikatan penduduk di muka bumi .
2.      Hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik dan,
3.      Kerangka regional dan analisis dari region yang mempunyai cirri tertentu .
Menurut hagget (1979),bentuk objek ilmu geografi meliputi;
1.      Permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia
2.      Organisasi keruangan manusia msnusia dan ekologis  manusia dengan lingkungan nya ;dan
3.      Kekayaan dan keragaman bumi
Menurut chilson (1975),ruang lingkup kajian geografi meliputi;
1.      Pencatatan dan deskripsi gejala dipermukaan bumi
2.      Studi tentang hubungan dari gejala di daerah-daerah tertentu
3.      Penelitian masalah-masalah yang berdimensi keruangan khusus nya identifikasi penting nya ruang sebagai suatu variabel.
     Pendapat lain menyebutkan bahwa objek studi geografi ada 2,yaitu objek  material dan objek formal (priyadi 2007).objek materik merupakan semua gejala yang tetjadi di permukaan bumi .gejala ini di kenal dengan ustilah geosfer yang terdiri atas.
1.      litosfer (lapisan kulit bumi)
2.      hidrosfer  (lapisan air dalam bumi )
3.      biosfer(seluruh makhluk hidup yang berintraksi dengan lingkungan;
4.      atmosfer(lapisan udara),dan
5.      antrosfer(lapisan manusia dan kehidupan nya )
            Sedangkan untuk objek formal adalah csea pandang atau cara berpikir mengenai bentuk objek material (purbowati,2004),objek formal ini terdiri atas . 
1.      spatial pattern yang merupakan pola dari sebaran gejala tertentu di muka bumi
2.      spatial system yang merupakan keterkaitan sesame antar fenomena di muka bumi;dan
3.      spatial process yang merupakan perkembangan yang terjadi di muka bumi
   Tujuan geografi
          Sama hal nya tujuan dalam bidang-bidang ilmu yang lain ,tujuan pembelajaran geografi bertumpu pada tujuan yang lebih yang tinggi .secara herarki ,tujuan pendidikan nasional pada tataran operasional di jabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan. akhir nya tujuan kurikuler ini,secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.

 GEOGRAFI

Tidak ada komentar:

follow me in

adv



From: http://www.nusaresearch.net/public/recommend/recommend

clik me

yours comment here