Counter

Followers

Minggu, 01 September 2013

Kewajiban Belajar Mengajar



1
QS. Al-alaq ayat 1-5
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ * خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ * اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ * الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ * عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
Terjemahan:

[1] Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan.

[2] Dia menciptakan manusia dari segumpal darah beku;

[3] Bacalah dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah;

[4] Yang mengajar manusia melalui pena dan tulisan;

[5] Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya.


(1)   Permulaan surah ini, mulai ayat 1 hingga ayat 5 merupakan wahyu pertama diturunkan.  Wahyu ini diturunkan ketika Nabi saw sedang menjernihkan jiwanya dengan ibadat, lalu Jibril menyuruhnya supaya membaca. Perintah Jibril ini merupakan bimbingan pertama sebelum memulakan langkah-langkah seterusnya dalam perjalanan da`wah yang baginda pilih.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ *

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan.

            Sayyid Qutb tatkala mengulas ayat ini menyatakan: Bahagian pertama surah ini meletakkan batu asas dalam konteks keimanan yang luas yaitu setiap urusan, gerak gerik, langkah dan tindakan hendaklah dimulakan dengan menyebut nama Allah kerana Dialah yang mencipta dan Dialah juga yang mengajar. Dari Allah berasalnya semua kejadian dan kepada-Nya dikembalikan semula ciptaan-Nya.

 Kalimah “إقْرَأ” ialah fi`l, maf`ulnya ditiadakan kerana dipercayai pembaca yang pintar dapat menzahirkannya. Justeru para ilmuwan tidak membiarkan peluang ini tanpa ikut serta dalam perkongsian pendapat bagi menzahirkan maf`ul yang ditiadakan itu, lalu sebahagian mereka berpendapat kalimah yang ditiadakan itu ialah al-Qur`an. Oleh itu ungkapan selengkapnya:

إقْرَأْ الْقُرْآنَ بِاسْمِ رَبِّكَ
 Bacalah al-Qur`an dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan”.

Sebahagian ulama menjadikan ayat ini sebagai dalil menunjukkan basmalah satu juzuk daripada setiap surah al-Qur`an, manakala “ بأ pula membawa makna mulabasah (penyertaan). Sebahagian yang lain berpendapat “ بأ di sini za`idah, artinya tidak membawa apa-apa makna. Pendapat kedua ini tidak sesuai kerana membawa erti yang sama dengan ungkapan:
اذْكُرْ اسْمَ رَبِّكَ
 “Sebutlah nama Tuhanmu”

Ayat pertama ini membuat penekanan terhadap pembacaan hendaklah menjurus kepada menyebut nama Rabb, bukan nama Allah. Kita sedia maklum, Rabb membawa erti mendidik, memelihara dan mentadbir. Justeru, bagi memantapkan rububiyyah Allah, berikutnya disusuli dengan kenyataan الَّذِي خَلَقَ ertinya Tuhan yang mencipta. Tuhan Yang Mencipta dengan sendirinya mentadbir ciptaan-Nya. Ini kerana dalil yang menunjukkan rububiyyah Allah ialah sifat khaliqiyyah-Nya (Pencipta) atau dengan kata lain, Allah Yang mentadbirkan alam ini, dengan sendirinya Penciptanya.

Hubungan di antara Pentadbir dan Pencipta, boleh difahami dengan lebih jelas lagi, apabila Musyrikin Arab mengakui Allah sebagai Pencipta langit dan bumi, tetapi pada masa yang sama mereka menyerahkan rububiyahatau pentadbiran langit dan bumi kepada berhala yang mereka puja. Andainya mereka mengakui langit, bumi dan seluruh alam ini ditadbir oleh Allah, maka pengakuan itu merupakan sebaik-baik bukti yang menunjukkan pengakuan mereka adalah benar.

Bacaan yang diperintah Malaikat Jibril supaya Nabi membacanya bukan sebarang bacaan, tetapi bacalah dengan menyebut nama Allah. Di sini, bermulalah dengan rasminya penurunan al-Qur`an kepada Nabi Muhammad saw dan pelantikannya sebagai Rasul.

Wahyu pertama yang menyuruh agar Nabi membacanya, menunjukkan pembinaan manusia yang diwahyukan kepada Nabi saw adalah berasaskan ilmu pengetahuan melalui jalan pembacaan. Tidak dinafikan fenomena menulis dan membaca wujud sejak beratus tahun sebelum kelahiran Islam lagi, tetapi perkembangan ilmu pengetahuan hanya lancer sejurus selepas kebangkitan Islam.

 Wahyu “Iqra`” merupakan amanah pertama dalam perutusan Allah kepada Nabi Muhammad saw untuk disampaikan kepada umat manusia yang rata-rata pada ketika itu tenggelam di dalam lumpur syirik, kejahilan dan khurafat. Amanah ini merupakan tonggak kepada tamadun Islam yang bakal ditegakkan di muka bumi ini melalui syariat Islam pimpinan Nabi Muhammad saw yang berasaskan ilmu yang diisyaratkan dengan perintah membaca dan menulis.

            Wahyu ini dengan jelas menjadikan ilmu sebagai asas yang disimbolkan dengan membaca dan menulis dengan pena, tetapi kepada siapa ia dikhitabkan?. Umum Mufassirin menjawab, ia dikhitabkan kepada Nabi saw ketika baginda sedang beribadat di dalam gua Hira`, mereka mengaitkan hubungan munasabah di antara ayat pertama itu dengan hadith Jibril yang menyuruh beberapa kali supaya Nabi membaca, sambil memeluknya dengan kuat hinggalah dia menghilangkan dirinya dari pandangan Nabi saw.

            Tidak ramai Mufassirin mengulas ayat ini sebagai salah satu daripada ayat hukum, meskipun perintah membaca itu jelas menunjukkan wajib membaca bagi menyempurnakan tuntutan agama seperti juga dengan perintah-perintah menegakkan kebenaran, keadilan, menyempurnakan janji dan lain-lain. Kewajipan ini bukan sahaja ditujukan kepada Nabi saw, malah meliputi seluruh umatnya. Ini kerana tiada dalil menunjukkan perintah ini khusus kepada Nabi saw sedangkan umatnya dikecualikan.

Ayat 1 hingga 5 al-`Alaq menggariskan dua panduan bagi memenuhi tuntutan kewajipan membaca:

Pertama: Hendaklah pembacaan itu disempurnakan dengan nama Allah. Pembaca tidak harus membaca bahan-bahan yang dilarang Allah seperti bahan-bahan lucah, berita-berita yang membawa fitnah dan sebagainya kerana bahan-bahan ini menjauhkan manusia dari Allah, firman Allah:
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
Terjemahan: Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan.

Kedua: Pembacaan atau perolehan ilmu, terutama yang duhasilkan melalui pembacaan tidak seharusnya dijadikan laluan bagi menonjolkan diri, sombong dan takbur, sebaliknya hendaklah diterima dengan bersyukur kepada Allah yang memberi ilmu.

خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ *

 [2] Dia menciptakan manusia dari segumpal darah beku;

Allah menciptakan manusia dari `alaq atau segumpal darah beku yang bergantung di jidar rahim. Sebelumnya Dia menjadikan darah itu daripada air mani yang jijik, kemudian dimuliakannya sehingga dilebihkan atas banyak makhluknya yang lain. Aneh sungguh peralihan demi peralihan yang berlaku pada makhluk yang bernama manusia ini, asalnya daripada air mani yang jijik berpindah kepada segumpal darah beku kemudian menjadi manusia yang sempurna akal dan dapat berjalan atas dua kaki.

Pengetahuan yang sedikit saja tentang manusia sudah cukup untuk memahami keajaiban makhluk manusia kerana selepas beberapa peralihan pada kejadian manusia, terbinalah kemudiannya sebuah tamadun Islam yang berasaskan tulisan dan bacaan dengan nama Allah.

Mungkin bagi tujuan pembinaan tamadun yang berasaskan ilmu, maka ayat-ayat pertama dari surah ini manyuruh Nabi membaca dengan nama Allah yang menciptakan manusia daripada segumpal darah beku.
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ
            [3] Bacalah dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah;

Nabi sekali lagi diperintah membaca. Mufassirin berpendapat, pembacaan kedua ini berbeza dengan pembacaan pertama. Pembacaan kedua ditujukan kepada orang ramai, sedangkan pembacaan pertama hanya Nabi sahaja. Ada yang berpendapat kedua-dua perintah ini ditujukan kepada Nabi saw. Perintah itu diulangi bagi maksud memperkukuhkan perintah membaca. Pendapat kedua ini lebih mantap kerana tiada dalil menunjukkan ada perbezaan di antara dua perintah membaca.

Ayat ini merangsang manusia supaya membaca, Allah berjanji untuk meberi pulangan yang sebaik-baiknya kepada mereka yang membaca dengan namanya.. Dalam ungkapan harian, kita diperintah menyebut segala puji bagi Allah setelah selesai merasai sesuatu ni`mat. Ucapan ini sangat sesuai kerana Allah Maha Pemberi rezeki dan Dia yang menganugrahkan ni`mat itu keada manusia. Ucapan yang sama juga sesuai dengan orang yang bersabar tatkala menghadapi ujian yang berupa mala petaka kerana Allah Maha Pemberi, Dia menimpakan ujian ke atas hamba-Nya dan Dia juga yang menyelamatkan. Atas pengertian ini kita boleh faham ayat di atas yang membawa terjemahan: Bacalah dengan nama Tuhan yang mendidik, kita akan menerima hasil didikan-Nya yang sangat istimewa.

Sungguh agung nikmat anugrah Allah kepada kita, tetapi sayang semakin banyak nikmat diterima manusia, semakin bertamabah pula kekufuran dan kesombongan. Bagi maksud supaya manusia tidak menjadikan ilmu sebagai jalan menyombongkan diri, menindas dan merosak, Allah mengingatkan mereka kepada satu kenyataan iaitu biarpun manusia mencapai tahap kemajuan yang tinggi, cemerlang dalam akademik, berkedudukan tinggi dalam masyarakat, namun dia tidak harus lupakan Allah, dia hendaklah bersyukur kepada-Nya. Bukankah manusia dahulunya tidak mengetahui apa-apa dan tidak akan mengetahui jika tidak diajar Allah kepadanya.

(4) Antara tanda kemurahan Allah ialah mengajar manusia melalui pena. Pena hanya alat untuk mengajar manusia menulis dan membaca.

الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
Yang mengajar manusia melalui pena dan tulisan;

Pena begitu murah harganya, ia boleh dibuat daripada ranting kayu, bahkan barang-barang buangan, tetapi aneh melaluinya ilmu dan makrifat boleh disebar luaskan, dengannya pintu ilmu dan pengetahuan boleh dibuka. Inilah pena yang telah meninggalkan hasilnya yang mencelikkan mata generasi demi generasi. Inilah pena yang mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya, lalu dipelajari dikaji dan diteliti oleh generasi umat yang datang silih berganti.

Manusia adalah makhluk yang maju dan sentiasa mara ke hadapan dengan warisan yang ditinggal oleh ribuan generasi yang telah pergi, mereka meninggalkan hasil fikiran mereka yang masih hidup meskipun badan mereka telah hancur.

 (5) Biarpun manusia sudah berilmu dan tinggi melangit ilmunya, mereka tidak harus lupakan zaman silam, mereka jahil dan tidak mengerti apa-apa sebelum ini. Mereka berpengetahuan setelah melalui proses pencelikan huruf, kemudian maju setapak demi setapak. Siapakah yang mengajar mereka ilmu dan membasmi kejahilan yang menutup hati dan fikiran mereka?
عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ *

 Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya.

Ayat-ayat (4) dan (5) ini menambahkan lagi jawapan balas kepada Nabi yang mengaku tidak pandai membaca dengan mengemukakan dua hujah:

Pertama: Allah mengajar manusia dengan pena,

Kedua:Allah mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya.

Pembelajaran manusia dengan qalam (pena) membawa dua erti: Pertama, melatih mereka kemahiran menulis dan keupayaan mencatat sejarah manusia, pengetahuan, budaya dan tamadun mereka. Kedua, mengajar mereka semua pengetahuan melalui qalam (pena) dan tulisan. Apa pun erti pengajaran dengan qalam di sini dianggap besar signifikannya dalam pembentukan tamadun dan budaya hidup manusia.

Manusia kini mengetahui sesuatu, pada hal sebelumnya mereka tidak mengetahui apa-apa. Dengan itu mereka perlu bersyukur dan bersikap merendahkan diri mereka kepada Allah yang memberi ilmu kepada mereka, mereka tidak harus sombong dengan ilmunya, kerana ilmu adalah lautan yang tidak bertepi, permukaannya luas, dasranya sangatlah dalam, tiada manusia pernah menjejaki darsarannya.

2.      Subjek Pendidikan
QS. Al rahman ayat 1-4

Subjek Pendidikan Menurut Surat Ar-Rahman Ayat 1 - 4
Ar-Rahman ayat 1-4

الرَّحْمَنُ(1)عَلَّمَ الْقُرْآَنَ(2)خَلَقَ الْإِنْسَانَ) ۳(
عَلَّمَهُ الْبَيَانَ(4(

1. (Rabb) Yang Maha Pemurah,
2. Yang telab mengajarkan al Qur'an.
3. Dia menciptakan manusia
4. Mengajarnya pandai berbicara /AI-Bayan

Penjelasan
1. Arrahman
Ar Rahman adalah salah satu dari sekian banyak sifat Allah, yang mengandung makna pengasih kepada seluruh makhluknya didunia tanpa terkecuali, baik makhluk yang taat ataupun yang mengingkarinya, bahkan kepada iblispun Allah masih “sayang”.
Ayat pertama ini kaitannya dengan pendidikan adalah seorang pendidik atau guru harus mempersiapkan dirinya dengan sifat rahman, yaitu mempunyai sifat kasih sayang kepada seluruh peserta didik atau murid tanpa pandang bulu, baik kepada murid yang pintar, bodoh, rajin, malas, baik ataupun nakal. Ilmu yang ditransfer dan diterapkan dengan dasar kasih sayang akan besar efeknya kepada murid, terutama dalam penyerapan ilmu yang ditransfer dan diinternalisasikan.
Allah adalah dzat yang Maha Mendidik. Dalam surat ini digunakan kata ar-Rahman salah satu asma` al-Husna yang berarti Maha pemurah. Al-Qur'an adalah firman-firman Allah yang disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW dengan lafal dan maknanya yang beribadah siapa yang membacanya, menjadi bukti kebenaran mukjizat Nabi Muhammad SAW.
Dimulainya surah ini dengan kata ar-Rahman bertujuan mengundang rasa ingin tahu mereka dengan harapan akan tergugah untuk mengakui nikmat-nikmat dan beriman kepada Allah. Allah ar-Rahman yang mengajarkan al-Qur’an itu ialah yang menciptakan manusia, makhluk yang paling membutuhkan tuntunannya.

2. ‘Allamal Qur’an
Mengajarkan Qur’an. Ini menunjukan bahwa seorang guru harus terlebih dahulu mempersiapkan Qur’an, dalam konteks ini qur’an diterjemahkan dengan materi pelajaran, sebelum guru berada dihadapan siswa. guru harus terlebih dahulu mempersiapkan dalam artian menguasai, memahami materi yang akan disampaikan kepada siswa. sehingga seorang guru dapat maksimal mentransfer ilmunya kepada siswa.

3. Khalaqal Insan
Menciptakan Manusia.Menilik tujuan utama dari pendidikan adalah mencetak manusia yang sempurna, yang berpengetahuan, berakhlak dan beradab. tentu tidak ada manusia yang sempurna, namun berusaha menjadi manusia yang sempurana adalah suatu kewajiban. Seorang guru apapun materi yang ia ajarkan hendaknya mengarahkan siswanya menjadi manusia yang berpengetahuan, beradab dan bermartabat yang berujung kepada ketaqwaan kepada Yang Maha Esa. bukan hanya mengarahkan pada aspek prestasi saja.

4. ‘Allamahul Bayan
Mengajarkan Dengan Jelas. Ayat ini kaitannya dengan proses pendidikan adalah seorang guru apapun pelajaran yang disampaikan, sampaikanlah dengan sejelas-jelasnya, sampai pada tahap seorang siswa benar-benar faham. jangan sampai seorang siswa belum betul-betul faham pada materi yang diajarkan sudah pindah kemateri yang lain. banyak kasus di negeri ini, demi mengejar target pencapaian kurikulum,prinsip memberi kefahaman diabaikan, efeknya kita tahu semua.
Al-Qur'an adalah firman-firman Allah yang disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW dengan lafal dan maknanya yang beribadah siapa yang membacanya, menjadi bukti kebenaran mukjizat Nabi Muhammad SAW. Kata al-Qur'an dapat dipahami sebagai keseluruhan ayat-ayatnya yang enam ribu lebih itu, dan dapat juga digunakan untuk menunjuk walau satu ayat saja bagian dari satu ayat. Kata al-Insan disini mencakup semua jenis manusia, sejak Adam as. Hingga akhir zaman. AI-Bayan berarti jelas. Namun ia tidak terbatas pada ucapan, tetapi mencakup segala bentuk ekspresi, termasuk seni dan raut muka.
AI-Bayan berarti jelas. Namun ia tidak terbatas pada ucapan, tetapi mencakup segala bentuk ekspresi, termasuk seni dan raut muka.

Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa keterkaitan surat Ar-Rahman ayat 1-4 dengan Subjek Pendidikan sebagai berikut:
1. Kata ar-Rahman menunjukkan bahwa sifat-sifat pendidik adalah murah hati, penyayang dan lemah lembut, santun dan berakhlak mulia kepada anak didiknya dan siapa saja (Kompetensi Personal)
2. Seorang guru hendaknya memiliki kompetensi paedagogis yang baik sebagaimana Allah mengajarkan al-Quran kepada Nabi-NYA.
3. Al-Quran menunjukkan sebagai materi yang diberikan kepada anak didik adalah kebenaran/ilmu dari Allah (Kompetensi Profesional)
4. Keberhasilan pendidik adalah ketika anak didik mampu menerima dan mengembangkan ilmu yang diberikan, sehingga anak didik menjadi generasi yang memiliki kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual, sebagaimana penjelasan AI-Bayan.

Subjek pendidikan dalam islam benar-benar diperhatikan keberadaannya. Terlihat betapa selektifnya islam dalam menentukan mana yang pantas dikatakan sebagai pendidik dan mana yang tidak.
Subjek pendidikan atau pendidik yang pertama adalah orang yang ada dirumah tangga (orang tua atau Wali), yang kedua adalah diluar rumah seperti guru, dosen, masyarakat dan lain-lain. Untuk mencapai hasil yang maksimal, sipendidik ahrus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan.
Kata “pendidik” itu meliputi semua orang yang memberi pendidikan, seperti guru, ustad, kyai, pengajar, dan orangtua. Seorang pendidik adalah teladan bagi generasi di zamannya. Ia memegang peranan penting dalam perkembangan suatu masyarakat. Oleh karenanya, jika ia dapat melaksanakan kewajibanya dalam mengajar, ikhlas dalam melaksanakan tugas, dan mengarahkan anak didiknya kepada pendidikan agama serta perilaku yang baik, maka ia akan mendapat keberuntungan baik di dunia maupun di akhirat.
Pesan dan anjuran paling mendasar bagi pendidik sukses:
ü Menjauhi kemusrikan.
ü Menghormati orangtua.
ü Mendirikan salat.
ü Beramar makruf nahi munkar.
ü Menghindari sombong dan angkuh.
ü Berjalan dan bersuara secara wajar.

Mengenai masalah pedidikan, perhatian pemerintah kita masih terasa sangat minim. Gambaran ini tercermin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin rumit. Kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, biaya pendidikan yang mahal, bahkan aturan UU Pendidikan kacau. Dampak dari pendidikan yang buruk itu, negeri kita kedepannya makin terpuruk. Keterpurukan ini dapat juga akibat dari kecilnya rata-rata alokasi anggaran pendidikan baik di tingkat nasional, propinsi, maupun kota dan kabupaten.
Penyelesaian masalah pendidikan tidak semestinya dilakukan secara terpisah-pisah, tetapi harus ditempuh langkah atau tindakan yang sifatnya menyeluruh. Artinya, kita tidak hanya memperhatikan kepada kenaikkan anggaran saja. Sebab percuma saja, jika kualitas Sumber Daya Manusia dan mutu pendidikan di Indonesia masih rendah. Masalah penyelenggaraan Wajib Belajar Sembilan tahun sejatinya masih menjadi PR besar bagi kita. Kenyataan yang dapat kita lihat bahwa banyak di daerah-daerah pinggiran yang tidak memiliki sarana pendidikan yang memadai. Dengan terbengkalainya program wajib belajar sembilan tahun mengakibatkan anak-anak Indonesia masih banyak yang putus sekolah sebelum mereka menyelesaikan wajib belajar sembilan tahun. Dengan kondisi tersebut, bila tidak ada perubahan kebijakan yang signifikan, sulit bagi bangsa ini keluar dari masalah-masalah pendidikan yang ada, apalagi bertahan pada kompetisi di era global.
Kondisi ideal dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah tiap anak bisa sekolah minimal hingga tingkat SMA tanpa membedakan status karena itulah hak mereka. Namun hal tersebut sangat sulit untuk direalisasikan pada saat ini. Oleh karena itu, setidaknya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam dunia pendidikan. Jika mencermati permasalahan di atas, terjadi sebuah ketidakadilan antara si kaya dan si miskin. Seolah sekolah hanya milik orang kaya saja sehingga orang yang kekurangan merasa minder untuk bersekolah dan bergaul dengan mereka. Ditambah lagi publikasi dari sekolah mengenai beasiswa sangatlah minim.
Sekolah-sekolah gratis di Indonesia seharusnya memiliki fasilitas yang memadai, staf pengajar yang berkompetensi, kurikulum yang tepat, dan memiliki sistem administrasi dan birokrasi yang baik dan tidak berbelit-belit. Akan tetapi, pada kenyataannya, sekolah-sekolah gratis adalah sekolah yang terdapat di daerah terpencil yang kumuh dan segala sesuatunya tidak dapat menunjang bangku persekolahan sehingga timbul pertanyaan.

3.      Kelemahan Manusia
#QS. Al Ruum dan Al ma’arij
QS. Al Ruum

Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.
Dalam kronologi surah Ar Rum ayat 54
Kepada manusia dibentangkan jalan yang lurus yang menuju kepada keridaan Allah dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat sebagaimana yang disampaikan Rasulullah yang termuat dalam Alquran dan hadis. Di samping itu terbentang pula jalan yang sesat, jalan yang dimurkai-Nya yang menuju kepada tempat yang penuh derita dan sengsara di akhirat nanti. Manusia boleh memilih sa1ah satu dari kedua jalan itu; jalan mana yang akan ditempuhnya, apakah jalan yang lurus atau jalan yang sesat. Kemudian mereka diberi balasan nanti sesuai dengan pilihan mereka itu.
Ini adalah bagian terahir atau keempat dari ayat-ayat yang berbicara tentang perbuatan-perbuatan Allah swt. yang membuktikan ke-Esaan-Nya dan keniscayaan hari kiamat .Ayat diatas dikemukakan setelah aneka ragam argumen dan bukti yang telah dipaparkan oleh ayat yang sebelumnya .Argumen yang dikemukakan disini mencakup keadaan manusia pada tahap yang paling dini dari kehidupannya, sampai ketahap akhir keberadaannya di pentas bumi sambil menunjukkan kekuasaannya mempergantikan kondisi manusia .Ayat ini memulai dengan menyebut nama wujud yang teragung dan yang terkhusus baginya serta yang mencakup segala sifat-Nya yakni;
Allah swt dialah menciptakan manusia dari keadaan lemah yakni setetes seperma yang bertemu dengan indung telur laki-laki, tahap demi tahap meningkat dan meningkat hingga kemudian setelah melalui tahap bayi, kanak-kanak, dan remaja hingga ahirnya menjadi lansia .Dia menjadikan kamu sesudah kamu dalam keadaan lemah itu memiliki kemampuan sehingga kamu menjadi dewasa dan memasuki fase yang sempurna, hal ini memang mengikuti hukum sunatullah yakni dalam proses perubahan manusia melalui tahap demi tahap agar manusia dapat berfikir dan merenungkan hakekat penciptaanya dan ahir dari kehidupannya atau fase ahir dunia yang berupa kematian, sehingga dia tidak ingkar kepada sang Penciptanya .
Dia menjadikan kamu sesudah menyandang kekuatan itu menderita kelemahan _kembali dengan hilangnya sekian banyak potensi dan munculnya tanda-tanda peringatan alamiah yang berupa hilangnya kekuatan dan potensi diri tadi .Dia menciptakan apa yang ia kehendaki sesuai dengan ke-Esaan-Nya yang Maha Agung dan Dialah yang Maha Perkasa atas segala sesuatu .
Ayat diatas melukiskan pertumbuhan fisik kendati kelemahan dan kekuatan berkaitan juga dengan mental seseorang .Ada kelemahan manusia menghadapi sekian banyak godaan, juga tantangan yang menjadikan semangatnya berkurang .Disisi lain ada kekuatan yang dianugrahkan Allah berupa kekuatan fisik dan mental dalam menghadapi gelombang hidup .Tentu saja kekuatan dan kelemahan fisik maupun mental seseorang berbeda kadar kemampuannya tiap individu yang satu dengan individu yang lainnya, diatas dasar itulah agaknya kata ضعف _dha’if” kelemahan dan kata قـوة _Quwattun” kekuatan diaplikasikan dalam bentuk indefinit .
Perlu dicatat bahwa apa yang dikemukakan ayat diatas adalah uraian tentang tahap-tahap hidup manusia secara umum, bahkan yang dialami oleh umunya setiap manusia_ .Karna diantara manusia tidak menentu didalam perjalanan hidupnya yakni diantaranya manusia ada yang meninggal dunia di tahap awal perjalanan hidupnya, ada juga yang pada fase puncak kejayaannya .Namun, jika tahap puncak itu dilampauinya, maka pasti dia akan mengalami tahap kelemahan lagi .Adapun yang dialami manusia, hakikatnya semua kembali pada Allah swt. Karena itu, setelah menyebut tahap-tahap tersebut, ayat diatas mengegaskan bahwa Dia menciptakan apa yang ia kehendaki, dan menetapkan buat manusia tahap-tahap yang dilalui serta kadar masing-masing itu sama-sama ditetapkan atas dasar kekuasan-Nya yang menye luruh, karna Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa .
Dalam kronologi penjelasan ayat yang lain yankni dalam surah surah _Yaasin ayat 77 Allah swt. Menjelaskan bahwa pada kenyataannya manusia diciptakan dalam keadaan lemah .
أَوَلَمْ يَرَ الإنْسَانُ أَنَّا خَلَقْنَاهُ مِنْ نُطْفَةٍ فَإِذَا هُوَ خَصِيمٌ مُبِينٌ
Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!
Karena adanya sebagian manusia tidak percaya tentang adanya hari berbangkit, maka dalam ayat ini Allah swt. mengingatkan mereka kepada kekuasaan Nya dalam menciptakan manusia, sebagai bagian dari seluruh makhluk Nya. Ini dikemukakan dengan nada keheranan atas sikap sebagian manusia itu. Yaitu: apakah manusia itu tidak memikirkan dan tidak memperhatikan bahwa Allah telah menciptakannya dari setetes air mani, tetapi kemudian setelah ia lahir ke dunia dan menjadi dewasa, tiba-tiba lalu menjadi orang yang bersikap memusuhi Allah dan Rasul Nya? Sikap semacam ini benar-benar tidak dapat diterima oleh pikiran yang sehat.
Apabila manusia menginsafi bahwa Allah kuasa menciptakannya, bahkan dari setetes air mani, kemudian menjadikan makhluk yang paling baik di bumi ini, pastilah ia yakin, bahwa Allah kuasa pula mengembalikannya kepada asal kejadiannya itu, dan Ia kuasa pula untuk mengulangi kembali penciptaan Nya itu, yakni pada hari berbangkit.
Dalam kronologi surah Al Ma’arij 19 – 27
Tidak bisa dipungkiri kalau memang kenyataannya manusia itu sebenarnya adalah mahluk yang lemah hanya saja kekurangan itu dapat di tutupi karna manusia di beri kelebihan yang tidak dimiliki oleh mahluk selain manusia yakni bahwa manusia itu dianugrahi akal oleh sang Maha Mengetahui . Dengan akal tersebut manusia dapat menutupi kekurangannya . Namun, kemudian yang sangat disayangkan justru manusia itu lupa akan kenyataan dirinya dan dia mulai menjadi angkuh kepada Tuhannya, berkehendak sesuka hatinya dan menjadi congkak, sebagaimana kehidupan bangsa dimasa lampau, sehingga akhirnya mereka di binasakan akibat ulah perbuatan mereka sendiri .
Manusia seharusnya dapat menyadari bahwa dirinya diciptakan dimuka bumi ini karna memiliki tugas yang harus diembannya yang tidak lain bahwa didalam menjalani hidup ini manusia mempunyai visi berupa amanah yang harus ia jalankan dengan sebaik-baiknya karena amanah tersebut langsung dari sang Maha Pencipta sehingga nanti dihadapannya harus ia pertanggung-jawabkan dengan segala konseku kuensinya .Oleh karnanya kelemahan-kelemahanya seharusnya menjadi kaca supaya ia dapat mengantisi pasi atas segala kekurangannya sehingga ahirnya Ia tidak menjadi orang yang ingkar terhadap segala apa yang telah diperintahkan Tuhan untuknya .
Tuhan menciptakan manusia dengan bentuk yang paling sempurna bukan berarti lantas manusia itu lupa dengan identitas dirinya sebagai mahluk ciptaan _yang mana seharusnya Ia sadar kalau hidup ini adalah sekedar lintasan_ yang berarti hidup ini hanyalah sementara saja :
Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al Ma’arij ayat 19-27
إِنَّ الإنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا ¤ إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا ¤ وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا ¤ إِلا الْمُصَلِّينَ ¤ الَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلاتِهِمْ دَائِمُونَ ¤ وَالَّذِينَ فِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ مَعْلُومٌ ¤ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ ¤ وَالَّذِينَ يُصَدِّقـــُونَ بِيَوْمِ الد ِّيــن ¤ ِ وَالَّذِينَ هُمْ مِنْ عَذَابِرَبِّهِمْ مُشْفِقُونَ ¤
“ Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.Q Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,Q dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,Q kecuali orang-orang yang mengerjakan salat,Q yang mereka itu tetap mengerjakan salatnya,Q dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu Q bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta),Q dan orang-orang yang mempercayai hari pembalasan,Q dan orang-orang yang takut terhadap azab Tuhannya. ( Q.S Al Ma’arij ; 19-27 )
Pada ayat ini ditegaskan bahwa manusia itu bersifat suka berkeluh kesah dan kikir. Namun, sifat ini dapat diubah jika dituruti petunjuk Tuhan yang dinyatakan-Nya dalam ayat 22 s.d. 24. Manusia yang menghindari petunjuk Tuhan dan seruan Rasul; mereka adalah orang-orang yang sesat.
Tentunya dapat kita pahami dari penjelasan ayat diatas bahwasanya memang pada dasarnya kebanyakan manusia, cenderung selalu merintih ketika mereka hanya diberi cobaan yang yang sifatnya ringan mereka tidak ingat dengan pemberian ni’mat Allah yang jauh lebih banyak ketimbang cobaan yang diberikannya, mereka ingin selalu hidup ni’mat tanpa adanya musibah apapun .Padahal jika dipahami secara mendalam, sesungguhnya Allah memberikan cobaan itu, karna sebenarnya Dia sayang kepada hamba-hamba-Nya, dan dengan cobaan itu_semuanya mengandung hikmah yang pada dasarnya agar kita tidak lupa dengan sifat pemurah dan kasih sayang-Nya.
Dan juga kebanyakan manusia selalu mengeluh apabilah ia diberi rizki yang bersifat non-materiil mereka menganggap bahwa rizqi itu hanyalah sesuatu yang tampak saja sehingga mereka tidak mau men syukurinya sehingga mereka berburuk sangka kepada Allah swt.jika keberadaan kondisi mereka tidak mempunyi harta yang melimpa. Dan ketika Allah memberikannya berupa rizqi yang material dan melim pah kebanyakan mereka justru menjadi kikir dan tidak mau bersadaqah mereka menganggap harta itu mereka peroleh dari jeripayah mereka sendiri –yang makanya didalam ayat tersebut disebutkan istilah- istilah kecut yang mendeskriditkan manusia seperti; “ halu’a” _” jazu’a “_dan kemudian “ manu’a” agar mereka bisa sadar bahwa semua yang dimiliki manusia pada hakikatnya adalah hampa jika harta benda dan jiwa mereka tanpa diiringgi dengan suatu kebaikan kepada diri sendiri terutama terhadap orang lain .
















Tidak ada komentar:

follow me in

adv



From: http://www.nusaresearch.net/public/recommend/recommend

clik me

yours comment here