Counter

Followers

Jumat, 13 September 2013

SUBYEK PENDIDIKAN DALAM TAFSIR TARBIYAH DAN REALISASINYA PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA


A.    Subyek Pendidikan Dalam Surat Ar-Rahman : 1 – 4
1).        Surat Ar-Rahman : 1 – 4
                  ﴾٤﴿  عَلَّمَهُالْبَيَانَ  ﴾٣﴿  خَلَقَالْإِنسَانَ  ﴾٢﴿  عَلَّمَالْقُرْآنَ  ﴾١﴿  الرَّحْمَنُ
Artinya :
(1)   Allah yang maha pemurah.  (2) Yang telah mengajarkan Al-Quran.  (3) Dia menciptakan manusia.  (4) Mengajarnya pandai berbicara.

2).        Tafsir Surat Ar-Rahman : 1 – 4
Ayat 1 dan 2 : Pada ayat ini Allah yang maha pemurah menyatakan bahwa Dia telah mengajar Muhammad Al-Quran dan Muhammad telah mengajarkan umatnya. Ayat ini turun sebagai bantahan bagi penduduk Makkah yang mengatakan “Sesungguhnya Al-Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)”.An-nahl- 103
            Oleh karena ayat ini mengungkapan beberapa nikmat Allah atas hambaNya, maka surat ini dimulai dengan menyebut nikmat yang paling besar faedahnya dan paling banyak manfaatnya bagihamba-Nya, yaitu nikmat mengajar Al-Quran. Maka manusia dengan mengikuti ajaran Al-Quran akan berbahagialah di dunia dan di akhirat dan dengan berpegang teguh pada petunjuk-petunjuk-Nya niscaya akan tercapailah tujuan di kedua tempat tersebut. Al-Quran adalah induk kitab-kitab samawi yang diturunkan kepada sebaik-baik makhluk Allah yang berada di bumi ini.
            Ayat 3 dan 4 : Dalam ayat ini Allah menyebutkan nikmat kejadian manusia yang menjadi dasar semua persoalan dan pokok segala sesuatu. Sesudah Allah menyatakan nikmat mengajar Al-Quran pada ayat yang lalu, maka pada ayat ini Allah menciptakan jenis makhluk-Nya ini dan diajarkan-Nya pandai membicarakan tentang apa yang tergores dalam jiwanya dan apa yang terpikir oleh otaknya, kalaulah tidak mungkin tentu Muhammad tidak akan mengajarkan Al-Quran kepada umatnya.
            Manusia adalah makhluk yang berbudaya, tidak dapat hidup kecuali dengan berjamaah, maka haruslah ada alat komunikasi yang dapat menghubungkan antara dia dengan saudaranya yang menulis kepadanya dari penjuru dunia yang jauh dan dari benua-benua serta dapat memelihara ilmu-ilmu terdahulu untuk dimanfaatkan oleh orang-orang kemudian dan menambah kekurangan-kekurangan yang terdapat dari orang-orang terdahulu.
            Ini adalah suatu anugerah rohaniah yang sangat tinggi nilainya dan tidak ada bandingannya dalam hidup, dari itu nikmat ini didahulukan sebutannya dari nikmat-nikmat yang lain. Pertama-tama dimulai dengan sesuatu yang harus dipelajari, yaitu Al-Quran yang menjamin kebahagiaan, lalu diikuti dengan belajar kemudian ketiga cara dan metode belajar, dan seterusrnya berpindah kepada membacakan benda-benda angkasa yang diambi manfaat darinya.
B.     Realisasinya Pada Pendidikan di Indonesia
KARAKTERISTIK PENDIDIK DI INDONESIA
1)      Kata Ar-Rahman menunjukkan sifat-sifat seorang pendidik yang murah hati kepada peserta didik untuk memberikan ilmu dengan keikhlasan dan ketulusan dalam mengupayakan mencerdaskan anak didiknya. Di Indonesia sifat ar-rahman ini bisa kita lihat pada relawan-relawan yang berprofesi sebagai guru ataupun tidak yang turut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa secara cuma-cuma dengan cara menghampiri daerah-daerah yang terpencil yang jauh dari pendidikan untuk memberikan ilmunya pada anak-anak yang semangat belajar.
2)      Al-Quran merupakan sumber pendidikan Islam yang pertama dan utama, karena Al-Quran memiliki nilai absolut yang diturunkan dari Allah. Realisasinya dalam pendidikan di Indonesia yaitu seorang pendidik itu memiliki buku panduan yang sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan untuk mengajarkan kepada peserta didik sesuai dengan keahlinnya. Contohnya seorang pendidik yang keahliannya dibidang Bahasa Arab maka dia akan menggunakan buku panduan berbahasa arab yang sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan di Indonesia.
3)      Tujuan utama dari pendidikan Islam adalah mencetak manusia yang sempurna, berilmu, berakhlak dan beradab. Hal itu merupakan output yang di harapkan dari pendidikan . contohnya bisa kita lihat pada output di ponpes yang rata-rata melahirkan peserta didik yang penghafal quran, berilmu, berakhlaq dan tahu beradab.
Pada ayat keempat kaitannya dengan proses pendidikan di Indonesiaadalah seorang guru apapun pelajaran yang disampaikan, di sampaikan dengan sejelas-jelasnya, sampai pada tahap seorang siswa (subyek didik) benar-benar faham. Jadi, salah satu contoh realisasinya bisa kita lihat dalam fakultas pendidikan. Ketika seorang dosen menyampaikan ilmunya dengan jelas, maka anak didiknya akan mudah memahami dan mampu menurunkan kembali ilmu tersebut pada anak didiknya kelak




Salju Shop - Kupon Diskon Ekslusif


Tidak ada komentar:

follow me in

adv



From: http://www.nusaresearch.net/public/recommend/recommend

clik me

yours comment here