Counter

Followers

Minggu, 30 September 2012

FADILAH SHALAT DUHA'

FADILAH SHALAT DUHA'

Hadits-hadits tentang fadlilah sholat dluha :

صَلاَةُ الضُّحَى تُجْلِبُ الرِّزْقَ تَنْفِى الْفَقْرَ وَلاَ يُحَافِظُ عَلىَ صَلاَة ِالضُّحَى إِلاَّ أَوَّابٌ.

Artinya : Sholat Dluha itu mendatangkan rizqi dan menolak kefakiran (kemiskinan), dan tidak ada yang akan memelihara sholat dluha kecuali hanya orang-orang yang bertaubat.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ حَافَظَ عَلىَ شُفْعَةِ الضُّحَى غُفِرَ لَهُ ذُنُوْبَهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ. {سنن الترمزى جزء2 ص 341}

Artinya : Siapa saja yang dapat mengerjakan sholat dluha dengan langgeng, maka akan diampuni segala dosanya oleh Allah sekalipun dosa itu sebanyak  busa di lautan. (HR. Tirmizi)

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَاباً يُقَالُ لَهُ الضُّحَى فَإِذَا كَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ نَادَى مُنَادِى أَيْنَ الَّذِيْنَ كَانُوْ يُدَاوِمُوْنَ عَلىَ صَلاَة ِالضُّحَى هذَابَابُكُمْ فَادْخُلُوْهُ بِر َحْمَةِ الله ِ.{رواه الطبرانى}

Artinya : Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan DLUHA”maka jika telah datang hari kiamat kelak, berserulah (malaikat) penyeru “manakah orang-orang yang melanggengkan (membiasakan) sholat dluha? Inilah pintu kamu, silahkan masuk ke dalamnya dengan rahmat Allah. (HR. Thabrani)

 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَاأَباَذَرٍّ إِنْ صَلَّيْتَ الضُّحَىرَكْعَتَيْنِ لَمْ تَكْتُبْ مِنَ الْغَافِلِيْنَ وَ إِنْ صَلَّيْتَ أَرْبَعًاكَتَبَ مِنَ الْمُحْسِنِيْنَ وَ إِنْ صَلَّيْتَ سِتًّالَمْ يَتْبَعْكَ يَوْمَئِذٍ ذَنْبٌ وَ إِنْ صَلَّيْتَ ثَمَانِيَةً تَكْتُبُ مِنَ الْعَابِدِيْنَ وَ إِنْ صَلَّيْتَ عَشْرًاأَوْ اثْنَتَى عَشْرَ ةَ بَنَى اللهُ تَعَالىَ لَكَ بَيْتًافِى الْجَنَّةِ.

Artinya : Hai Abu Zar! Jika engkau sholat dluha dua rakaat maka tidak dicatat namamu sebagai orang yang lalai, jika engkau sholat empat rakaat maka dicatat namamu sebagai orang yang paling baik, jika engkau sholat enam rakaat maka engkau tidak akan dibuntuti dengan dosa-dosa, jika engkau sholat delapan rakaat maka dicatat namamu sebagai orang ahli ibadah dan jika engkau sholat sepuluh atau dua belas  rakaat maka Allah akan membuatkan untukmu sebuah istana yang indah di dalam surga. (HR. Abu Zarr)

Tidak ada komentar:

follow me in

adv



From: http://www.nusaresearch.net/public/recommend/recommend

clik me

yours comment here